Jurus Jitu Menulis Konten Bermutu

Tugas pokok seorang blogger adalah menulis artikel lalu mempublikasikannya agar dibaca oleh orang lain. Walaupun blog merupakan ranah pribadi namun demikian begitu artikel diterbikan maka puluhan bahkan ribuan orang akan membacanya. Oleh karena itu blogger mempunyai tanggung jawab moral, sosial, bahkan hukum dan norma untuk menulis konten bermutu.

Untuk dapat membuat konten yang kreatif, impresif, menarik, dan bermutu saya membutuhkan notebook dan dukungan koneksi internet yang bagus. Terus terang laptop yang saya miliki sudah kurang mendukung kegiatan ngeblog. Selain usia pakainya sudah cukup lama, model, fitur, dan kemampuannya juga sudah kurang memenuhi syarat untuk diajak kerja keras.Β Untuk itulah saya ingin memiliki notebook ASUS yang sudah menggunakan prosesor mutakhir dari Intel yakni Intel Core generasi ke-6 yaitu Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Disesuaikan dengan kondisi saya maka saya memilihΒ ASUSPRO B8230.

Manfaat ASUSPRO B8230

Notebook Β ASUSPRO B8230 nan mungil, kuat, dan cantik

.

Notebook ASUSPRO B8230

Intel inside

.

Apa sebenarnya keunggulan notebook ASUSPRO B8230 dalam membantu saya membuat konten kreatif yang menarik dan bermutu? Silakan simak slide berikut ini.

 

Content Is the King

Quote karya Bill Gates yang sangat populer, masih relevan, dan valid sampai sekarang ini saya jadikan pedoman dalam ngeblog. Itulah sebabnya dalam menulis sebuah konten saya membaginya dalam 3 tahapan yaitu tahap pendahuluan, inti, dan tahap pengakhiran.

Sahabat tentu ingin mengetahui apa jurus jitu menulis konten bermutu, bukan? Baiklah saya jelaskan secara terus terang rahasianya tahap demi tahap.

.

Tahap Pendahuluan

1. Menata hati dan meluruskan niat.

Ini merupakan kegiatan awal yang saya anggap cukup penting. Saya menata hati agar keinginan menulis dan menerbitkan artikel bukan dilandasi untuk pamer, menggurui, menjadi keren, atau agar dipuji.

Saya juga meluruskan niat yaitu menulis untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat agar bernilai ibadah. Dengan niat yang lurus tersebut mudah-mudahan hasilnya barokah dan saya tetap berada di koridor yang benar.

2. Menetapkan sasaran.

Tulisan yang saya terbitkan utamanya saya tujukan untuk konsumsi manusia. Tentu hal-hal yang diperlukan oleh search engine juga tak saya abaikan.

3. Menentukan ide.

Ide sebenarnya banyak dijumpai di sekitar saya. Apa yang saya lihat, dengar, rasakan, dan alami bisa menjadi tulisan yang menarik. Saya tetap berpedoman menulis artikel yang saya sukai dan saya kuasai. Artikel how to, yang mengajari atau memberitahu orang lain tentang suatu hal lebih saya sukai. Saya akan bahagia jika artikel saya bisa dimanfaatkan pembaca.

4. Menetapkan keyword (kata kunci)

Agar artikel mudah ditemukan oleh orang lain maka kata kunci tak saya abaikan. Saya membayangkan diri saya sendiri. Ketika sedang mencari suatu artikel maka saya ketikkan kata kunci di browser. Pemilihan kata kunci yang tepat akan menjadikan artikel menempati posisi yang bagus pada Search engine result pages (SERP)

5. Mencari referensi.

Untuk mendukung penulisan artikel saya juga melakukan riset atau studi kepustakaan. Ini untuk memberikan bobot sebuah tulisan. Tentu saja sumber tulisan atau gambar yang saya jadikan referensi saya sebutkan atau saya berikan link.

Buku referensi

Buku untuk referensi

.

Kegiatan Inti

Ini merupakan kegiatan yang sangat penting. Tulisan pada umumnya saya bagi dalam beberapa bagian yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Bagian pendahuluan terdiri dari 1-2 paragraf. Demikian pula bagian penutup. Sementara bagian inti tentu berisi lebih banyak paragraf. Kaidah penulisan yang menarik dan bermanfaat juga tetap saya pedomani.

1. Judul artikel.

Judul artikel saya buat semenarik mungkin. Judul artikel how to biasanya saya awali dengan kata: Jurus…, Cara…, Tips…., Rahasia…, atau Langkah… Sering juga saya tambahi dengan angka misalnya: 10 Tips Ngeblog Yang Perlu Disimak Blogger Pemula.

2. Konten.

Konten artikel saya awali dengan 1-2 paragraf pendahuluan untuk mengantar pembaca sebelum membaca inti artikel. Paragraf ini juga saya upayakan memikat.

Pada paragraf 3 dan seterusnya saya mulai memasukkan masalah pokok atau inti tulisan sesuai judulnya. Agar pembaca mudah memahami tulisan maka unsur Siabidibame (Siapa, apa, bilamana, di mana, bagaimana, dan mengapa) saya jadikan formula. Tentu tak semua unsur dimasukkan, tergantung topiknya. Pada artikel how to pada umumnya unsur A, Ba, dan Me (Apa, Bagaimana, Mengapa) lebih sering digunakan dengan titik berat pada unsur Ba (Bagaimana)

Dalam inti tulisan ini kelengkapan artikel saya pasang antara lain keyword, link, gambar, atau Video. Jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan. Gambar dan video selain berfungsi untuk memperjelas artikel juga untuk mengistirahatkan mata pembaca dan mengurangi kejenuhan.

Pada bagian penutup saya cantumkan kesimpulan kecil dan Call To Action. Fungsi Call To Action adalah untuk mendorong pembaca melakukan respons terhadap tulisan baik berupa tanggapan maupun kegiatan nyata misalnya membeli sesuatu, mengikuti kegiatan, dan lain sebagainya. Contoh Call To Action: Kunjungi situs acerid.com untuk info lebih lanjut.

3. Faktor kritis menuju sukses.

Untuk menulis konten kreatif saya juga memperhatikan beberapa hal penting yang saya formulasikan dalam kata Jamu Singsed. Kata tersebut singkatan dari Jelas, Mudah dimengerti, Singkat, dan Sederhana.

a. Jelas.

Tujuan saya menerbitkan artikel harus jelas alurnya. Dimulai pada paragraf pendahuluan, inti, sampai pada paragraf penutup saya sampaikan secara gamblang dan dapat diterima oleh pembaca. Pada artikel tips dan tutorial saya lengkapi dengan gambar atau video agar setiap langkah dapat diikuti dengan bantuan gambar atau video tersebut. Dengan bantuan notebook ASUSPRO B8230 maka pembuatan video, gambar, dan slide akan lancar dengan hasil yang memuaskan.

b. Mudah dimengerti.

Agar pembaca bisa mengerti apa yang saya sampaikan maka saya tidak menggunakan kalimat yang panjang. Hal yang sama juga pada paragrafnya yang saya buat pendek-pendek. Subjudul artikel, pemberian nomor, dan atau kotak juga sering saya pakai.

c. Singkat.

Menulis artikel berbentuk esay non fiksi tentu berbeda dengan menulis novel. Uraian pada artikel easy lebih praktis dan langsung menuju permasalahan pokok yang ingin dijelaskan. Kalimat yang tak perlu saya hindari misalnya : Perlu dicatat, sepanjang ingatan saya, dan lain sebagainya.

d. Sederhana.

Bahasa yang saya gunakan dalam artikel sangat sederhana dan ringan sehingga enak dibaca. Bahasa asing atau bahasa daerah yang jarang dipakai dan belum populer saya beri padanannya dalam bahasa Indonesia.

.

Tahap Pengakhiran

Pada tahap ini ada dua kegiatan penting yang saya lakukan yaitu editing dan pemeriksaan kelengkapan artikel.

1. Editing.

Saya mengikuti petunjuk para pakar untuk tidak menulis sambil melakukan editing. Hal ini untuk menjaga agar aliran pikiran berjalan dengan mulus. Setelah artikel sudah selesai barulah saya lakukan editing. Editing saya lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan salah ketik, salah eja, penggunaan bahasa, tanda baca, diksi, dan lain sebagainya.

2. Pemeriksaan kelengkapan artikel.

Kegiatan ini untuk menjamin artikel sudah memenuhi kelengkapan yang dibutuhkan. Jika saya meminjam quote maka perlu dicantumkan sumbernya. Demikian pula jika saya meminjam gambar atau video dari pihak lain maka sumbernya harus sudah saya cantumkan. Hal ini bukan sekedar memenuhi etika tetapi juga berkaitan dengan hak cipta.

Hal lain yang harus saya periksa adalah pemilihan dan pemberian kategori dan tag. Ini penting agar pembaca atau calon pembaca bisa menemukan artikel saya dengan mudah di mesin pencari.

Selain yang sudah saya sebutkan di atas saya juga masih harus memeriksa kelengkapan isian pada plugin All in One SEO Pack. Kolom judul artikel, deskripsi, dan keyword harus terisi dengan baik dan benar.

Untuk menulis konten yang bermutu, sekali lagi, saya membutuhkan laptop yang canggih. Itulah saya memilih notebook ASUSPRO B8230 dengan keunggulan yang sudah saya sebutkan di bagian depan. Saya optimis dengan memakai notebook ASUSPRO B8230 maka kegiatan ngeblog akan semakin lancar.

Sebagai rangkuman atas penjelasan saya di atas silakan menyimak video berikut ini.

Bagaimana jurus Anda menulis konten bermutu? Silakan share di kolom komentar agar bermanfaat bagi kita semua.

Sumber tulisan dan gambar:

1. ASUSPRO B8230, Notebook untuk Korporat yang Mungil, Kuat dan Cantik.

2. SitusΒ Asus

manfaat teknologi Intel Core i3

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia

(Visited 316 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

55 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Alaika Abdullah berkata:

    Selalu suka deh main ke blognya Pakdhe. Banyak tips bermanfaat yang bisa dipetik dari tulisan2, Pakdhe. Dikemas dengan ringan, lugas dan berisi.
    Thanks utk tips jurus jitu menulis konten bermanfaatnya, Dhe.
    Mau bikin Jamusingsed juga ah. Hehe.

    Sukses selalu dan keep inspiring, ya, Dhe.
    Salam,
    Alaika

    Terima kasih
    Jamu Singsed memang perlu

  2. nh18 berkata:

    Saya menganggap … Untuk menulis konten yang baik memang sebaiknya kita betul-betul menguasai topik, kita mengalami sendiri dan juga punta referensi yang cukup.

    Karena konten yang baik tidak lepas dari validitas isi tulisan tersebut

    Salam saya Pak De

    Betul sekali. Memberikan sumber tak mengurangi kredibelitas

  3. Enny Mamito berkata:

    Memantapkan hati bagi saya agak susah..memantapkan hati untuk menyelesaikan artikel dengan segera. Kebanyakan tulisan saya mengendap di draft 😷
    Terimakasih sudah menginspirasi, pakdhe 😊😊

    Kesibukan di dunia nyata memang tak bisa dihindari dan diremehkan ya

  4. yayats38 berkata:

    Walau tidak menggunakan laptop, tapi PC, saya menggunakan Mainboard dari Asus.
    Karena memang saya butuh yang tahan banting.
    Bagi saya yang suka edit-edit foto dan video dimana saya juga gunakan untuk konten blog memang membutuhkan kompi yang handal. Jika pakde juga memilih ini, tepat sekali pak.
    Kelihatannya asyik untuk buka software buat edit foto dan Videopad yang juga pakde gunakan untuk edit video. Saya yakin cepat juga untuk lightroom, mendukung untuk buka dan edit foto format RAW – DNGnya kamera Pentax yang bapak miliki.
    Layar lebar juga asyik pak. Jangan ragu lah pake layar lebar.
    Sedikit saran, khusus buat pakde, selain lebar juga besar. Supaya gak banyak mundur kalau sedang mengetik he he. Pisss.
    Terima kasih tipsnya Pakde.
    Salam hangat.

    Betul sekali.
    Kalau laptop lelet bisa bikin senewen ya

  5. Leyla berkata:

    Pastinya ngeblog jadi lebih lancar pakai Asus Pro ya Pakde.

    Iya, jadi ingin punya

  6. Susindra berkata:

    Seperti biasa, Pakde, saya disuguhi artikel yang bernas. Ada PR besar untuk menyadarkan beberapa blogger (pemula), bahwa, walaupun blog merupakan ranah pribadi, namun demikian, begitu artikel diterbitkan, maka puluhan bahkan ribuan orang akan membacanya. Oleh karena itu, blogger mempunyai tanggung jawab moral, sosial, bahkan hukum dan norma untuk menulis konten bermutu. Dan Pakde memberi bonus tips mengedit. Sebagai salah satu “guru” menulis, saya tak bosan mengingatkan the art of editing sebagai bagian wajib dari penulis, di media apapun.

    Terima kasih tips jitu-nya Pakde. InsyaAllah beruntung di kontes ini. Aamiin

    Ada larangan untuk menulis sambil mengedit.
    Editing sebaiknya dilakukan setelah prose menulis selesai
    Aamin

  7. Munasyaroh berkata:

    Tulisan pakdhe kholik memang selalu TOP dan inspiratif. Saya selalu dapat pencerahan dan ilmu baru tiap baca tulisannya. Terimakasih pakdhe.. ..

    Terima kasih Jeng
    Semoga ada yang bisa diambil manfaatnya

  8. Tanti Amelia berkata:

    Saya seneng banget melotot melihat tutorial blogger. Apalagi kalau terus ada rekomendasi jenis gawai yang digunakan. Sebagai awam tentu saja perlu banyak baca tentang gawai atau laptop yang mumpuni.

    Terimakasih banyak artikelnya pakdeeee

    Saya baru tahu loch istilah gawai
    Saya kira pegawai tadi

  9. Sebenarnya agak pusing saya baca segambreng istilah dunia per-blogging-annya. Hahaha… Jujur bingitz…Tapi untuk yg selebihnya, saya paham kok. Alhamdullah. Jadi nambah juga wawasan saya mengenai cara menulis konten yang ciamik. Semoga saya bisa mempraktikkannya (gak sekadar paham) #pingin-jadi-blogger-ciamik

    Apalagi kalau melihat kode HTML, dll lebih mumet lagi

  10. Retno berkata:

    Terimakasih tips nya Pakde, selama ini saya nulis sambil ngawang asal nulis saja, hasilnya suka ngglambyar kemana mana… Jamu singsednya saya simpan nggih Pakde…

    Berarti kurang fokus ya
    Maklum ada bakpao di samping laptop

  11. Terima kasih banyak nggih, Pakde, saya belajar banyak dari Pakde melalui tulisan ini agar dapat menulis konten yang bermutu, apalagi didukung dengan ASUSPRO, saya yakin ngeblog akan semakin joss nggih, Pakde.

    Iya, laptopku sudah agak lama dan slow
    Perlu beli baru

  12. Noorma berkata:

    Memang niat itu penting ya pakdhe..

    Sayangnya aku lagi berada dalam masa hibernasi. Halah bahasane..

    Kudu meluruskan niat nih biar bisa ngeblog maning

    Buat blog baru lagi untuk si kecil baru

  13. Banyak tip bermanfaat kalo mampir baca di blog Pakdhe. Bikin blogpost wajib komplit materinya, kayak bikin skripsi. Tapi juga dikemas dengan menarik agar pembaca krasan baca dari paragraf awal sampai akhir. Makasih tipsnya, Pakdhe.

    Blog ini memang khusus tips sebenarnya

  14. Makasih Pakde sharringnya.. Memang bikin konten yg bermutu itu pake trik ya agar tulisannya gak garing..

    Iya, lebih tepatnya pakai gaya hahaha

  15. Yulia berkata:

    Tulisan pakde selalu jadi inspirasi buat saya, jelas, padat tapi singkatnya terselubung… Panjang banget tulisannya hehehe. Sukses lombanya ya pakde, insya Allah saya doian pakde menang, biar saya ada jatah.. Eh.. Suwun dhe πŸ˜‚πŸ˜‚

    Aamiin, hatur nuhun supportnya

  16. Djayanti Nakhla berkata:

    Suwun infonya pakdhe πŸ™‚

    Matur nuwun kunjungan dan komentarnya

  17. hani berkata:

    Saya juga pengen AsusPro. Makasih tips penulisannya. Iya betul editing penting banget. Baca lagi-baca lagi…Suka ketahuan di WP saya brp kali sudah ngedit. Hehe…Semoga sukses lombanya…

    Sudah diteliti beberapa kali saja masih ada yang salah ketik ya hahaha

  18. vizon berkata:

    Setuju soal referensi itu, Pakde. Modal pengetahuan yang kita miliki, akan memperkaya konten tulisan kita. Dengan demikian, tulisan kita akan terasa sedap dan bermanfaat..

    Salam, Pakde.. πŸ™‚

    Betul, nggak usah pura2 tahu segalanya hahahaha

  19. Dewi Nielsen berkata:

    Mantap Pak Dhe! Aku juga makenya Asus…puas sejauh ini..

    Salam

    Sayab jadi tambah pengin memilikinya

  20. yuni berkata:

    Tulisan pakdhe ini simpel dan mudah dimengerti untuk newbie seperti sy.maturnuwun pakdhe,sehat2 slalu njih

    Saya buat dalam bentuk poin2 biar mudah diganyang
    Matur nuwun

  21. rudi g. aswan berkata:

    Kalau senjata berupa laptop sangat mendukung, pasti proses menulis makin lancar dan praktis ya Dhe. Tak perlu mengalami kebuntuan ide gara-gara laptop ngelag atau mandeg. Asuspro kok bikin kepingin ya. Biar niat ngeblog makin lurus, hasilnya juga bisa berupa fulus πŸ™‚

    Iya, saya juga pengin punya Asus
    Nabung dulu

  22. Ety Abdoel berkata:

    Masih belajar bikin video Pakde. Ya, supaya bisa memberikan yg terbaik buat pembaca blog saya.
    Tips nya Top Pakde. Maturnuwun sharingnya

    Saya bisa membuat video yang biasa2 saja. Harus belajar editing lagi

  23. Rahmah Chemist berkata:

    Saya masih ngedraft nih, Pakde
    Semoga semangat sampai sebelum DL

    Masih lama kok

  24. […] jika sahabat membaca artikel saya berjudul Jurus Jitu Menulis Konten Bermutu tak harus lantas memasukkan diri saya sebagai blogger spesialis. Blog Apik yang saya kelola itu […]

  25. Izzah Annisa berkata:

    Terimakasih tipsnya, Pakde. Saya salut melihat semangat Pakde yang seolah tidak pernah kehabisan ide dalam menyajikan content menarik di blog.

    Kan saya pengangguran jadi banyak waktu

  26. sulis berkata:

    Yang paling sering klo aku mandeg di separuh draft pakde..bingung mo di kemanain arah tulisan.

    Btw, sukses untuk lombanya pakdhe..

    Kok bisa mandeg sih? Ya lanjutkan lagi

  27. andyhardiyanti berkata:

    Pakdhe kalau bikin tips gini emang selalu mantap pwolllll.. mudah dimengerti πŸ™‚
    Siap dipraktikkan,dhe.

    Gurih dan kriuk-kriuk kan

  28. Yups, salah satu pendukung agar bisa nulis konten bermutu, memang dari gadgetnya. Gadget yang berkualitas akan berpengaruh, karena kita nulisnya seneng hehehe

    Kalau gadget letoi bisa nglokro ya

  29. Lozz Akbar berkata:

    Sebenarnya dulu saat di Jombang saya mbatin dalam hati.. Nih laptop komandan kok oglak-aglik gini. Tapi saya takut mengutarakan. Takut di hukum push up di tempat hahaha

    Kalau dengan ASUSPRO B8230 saya yakin deh gak oglak-aglik maneh jalannya hahaha

    *mblayuuuu ke Jepara

    Padahal baru berumur 10 tahun loch laptopku

  30. Lozz Akbar berkata:

    oh ya de.. salam Jamu Sehat

    Jelas, mudah, sederhana tapi memberi manfaat

    Jos, harus bermanfaat

  31. ririe khayan berkata:

    itu Asus Pro nya memang asli kece badai Pakdhe.
    Konon katanya oke buat edit video atau bikin infografis kan ya ?

    Pasti ngeblog lebih asyik dan lancar

  32. Rani berkata:

    Pakdeee, aku contek yaaa jurusnyaaaa..
    tapi kayanya aku butuh yang menjalankan tips pendahuluan poin satu dulu yaaa sebelum coba tips yang lainnya…

    Sip, itu yang terpenting di antara yang penting

  33. Ida Tahmidah berkata:

    Mantap ih pakde… suka sama jurus2 nya πŸ˜€

    Terima kasih Jeng
    Salam

  34. Sie-thi Nurjanah berkata:

    suka sama produk Asus, Saya juga menggunakannya
    perfomanya itu sangat mumpuni

    Saya juga nih
    Laptop lama sudah letoi

  35. Inda Chakim berkata:

    Aku masih belaajr bikin yg itu tuh pak de, point tahap kritis menuju sukses. PR banget. Masih nggak mahir soalnya di point itu. Makasih share jurusnya ya pak de.

    Saya juga masih terus belajar karena selalu ada hal-hal yang baru

  36. Asyik nih tipsnya pakdhe. Membaca seperti ini membuat kita semakin belajar dan belajar lagi terkait menulis ya pakdhe. Terima kasih pakdhe πŸ™‚

    Betul. Pengetahuan tentang blogging terus berkembang sehingga saya harus terus belajar dan berlatih

  37. Mas Bocah berkata:

    Wah, di bagian editing itu sepertinya perlu tuh buat diikuti. Soalnya aku sering tuh, kelupaan ide selanjutnya gara-gara fokus ngedit duluan 😐

    Baru paragraf pertama saja sudah edit-edit ya Mas
    Akhirnya artikel nggak selesai-selesai

  38. Tips-tipsnya bermanfaat Pakde, masih banyak PR buat saya ternyata. Terima kasih.

    Kerjakan PRnya
    Besok dikumpulkan

  39. ajenangelina berkata:

    Setuju Pak De.. Konten harus bermutu dan bikin konten bermutu itu susah huhuhu
    Terima kasih artikelnya.. Membantu seklaii

    Nggak susah tapi perlu ketekunan

  40. Ria berkata:

    Makasih pak infonya, memang bener nulis konten yg menarik harus punya referensi yg cukup & mengolahnya agar menarik utk dibaca… Dan itu gak gampang

    Tapi juga tak mustahil dilakukan

  41. Relita Aprisa berkata:

    Terimakasih banyak pak dek ilmu nya, sangat bermanfaat πŸ™‚

    Sama2 Jeng

  42. Keke Naima berkata:

    Terus belajar membuatkonten yang bermutu. Apalagi kalau diperkuat dengan perangkat yang bisa diandalkan seperti ASUS. Makin semangat menulisnya πŸ™‚

    Betul sekali

  43. Saya sendiri kalau menulis sekarang cukup lama Pakde. Butuh penelitian dulu. Seperti yang terakhir soal trend SEO itu, seminggu saya baca2 artikel dulu baru akhirnya mendraft dan itu pun butuh 2 hari lebih.

    Konten berkualitas memang penting ya Pakde, setidaknya kalau kita sebagai blogger (pelaku dunia online) ingin dumay bebas dari artikel spam dan gak baik, dengan konten berkualitas bisa mengurangi perlahan.

    Tapi agak kepo nih. Kalau menurut pakde, kualitas vs kuantiti – mana yang lebih penting

    Tentu kualitas lebih diutamakan

  44. Inna Riana berkata:

    siap pakde! semua tipsnya saya serap.
    terima kasih sudah menginspirasi πŸ™‚

    Sama2, semoga bermanfaat

  45. Liswanti Pertiwi berkata:

    Selalu suka sama tulisan pakdhe. Jadi semangat untuk menulis konten yang bermutu.

    Tulisanmu juga bagus dan bermanfaat

  46. Astin Astanti berkata:

    Setuju sekali, buku masih menjadi sumber referensi yang penting ya, de

    Iya, saya juga masih merasa kurang membaca buku

  47. nitalanaf berkata:

    Wah Pakde koleksi bukunya banyak juga. Senang bacanya yang ditulisan itu untuk dikonsumsi manusia πŸ˜€ Iya kadang yang kelewat SEO saya nggak nyaman bacanya, ngulang2 mulu. Laptop yang mendukung juga penting banget untuk nge-post artikel πŸ™‚

    Makanya hindari keyword stuffing, penyebaran kata kunci yang terlalu banyak.

  48. Helena berkata:

    Sebaiknya seberapa banyak foto dalam satu artikel? Atau setelah berapa paragraf?

    Tak ada ketentuan baku. Artikel tutorial, traveling, resep makanan akan lebih banyak gambarnya agar jelas langkah-langkahnya

  49. Pakdhe,,,
    Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya,
    Kedua-dua (loh) makasih banyak telah menulis ini,,,ini bermanfaat banget dan menginspirasi saya,,,banyak orang juga tentunya… πŸ™‚

    Senang kenal blogger dari Jatim πŸ™‚
    Salam dari Hamburg

    Terima kasih
    Wow jauh ya rumahnya

  50. Ria Bilqis berkata:

    Info yang sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya, kebetulan lap top saya sudah perlu di ganti. Semoga ada rejeki bisa beli yang baru.

    Sama nih, laptop saya juga sudah slow2

  51. leli berkata:

    Laptop ini keren yaa.. tapi pas liat harganya saya mundur perlahan dengan teratur hahaha.

    Heeh setuju, laptop saya pernah rusak di bagian layar saya jadi males ngeblog. Kualitas laptop menentukan juga di bagian “niat nulis” πŸ˜€

    Iya, ada harga ada barang

  52. Amir Mahmud berkata:

    Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, recomended banget notebook ASUS. Ngomong ngomong saya salut sama Pak De Cholik, sudah tak muda lagi tapi semangatnya patut di tiru, sukses ya Pak De πŸ™‚

    Saya pengin punya Mas

  53. Nathalia DP berkata:

    Lengkap, saya msh hrs bnyk belajar…

    Saya juga masih terus belajar

  54. Ayaa berkata:

    Pakdheeee makasih jurusnyaaa. Semoga bisa ketularan nulis konten yg kecee

    Sip deh

Leave a comment