Jalan Pintas Ngeblok Artikel

Setelah penulisan artikel selesai biasanya saya lanjutkan dengan mengeditnya. Ini untuk menjamin agar artikel lebih mudah dan enak dibaca. Proses editing termasuk memperbaiki salah ketik, salah eja, salah format, dan atau meratakan kiri-kanan artikel.

Tak jarang saya bahkan mengubah susunan paragraf agar urutannya menjadi logis. Untuk mengubah susunan paragraf saya harus memblok paragraf terpilih lalu menempelkannya di tempat lain. Anehnya, saat ngeblok paragraf, kalimat, atau kata, saya mengalami kesulitan. Kalimat atau paragraf tidak bisa saya blok dengan sempurna. Kadang hanya terblok sebagian dan sering kali kalimat yang sudah terblok lepas lagi.

Saya sendiri belum mengetahui penyebabnya. Padahal dulunya sangat mudah melakukannya. Hanya dengan menggeser kursor dari kiri ke kanan atau sebaliknya artikel sudah bisa saya blok. Mau menjadikan mouse sebagai tersangka kok tidak tega.

Setelah melakukan uji-coba beberapa tehnik akhirnya saya menemukan cara yang paling mudah memblok tulisan. Saya memanfaatkan short cut atau pintasan keyboard untuk memblok sebagian kalimat atau paragraf.

Jika sahabat mengalami kesulitan ngeblok sebagian atau seluruh tulisan draf silakan mengikuti langkah berikut ini. Saya sertakan gambar penolong.

.

Cara mengedit tulisan

.

1. Tekan tombol Shift yang ada di keyboard laptop.

2. Tekan kursor pada ujung tulisan sebelah kiri yang akan di blok sampai berkedip-kedip.

3. Sambil tetap menekan tombol Shift arahkan kursor ke ujung akhir dari paragraf yang akan diblok.

4. Jika latar belakang artikel yang akan diblok sudah berubah warna barulah dicopy. Klik kanan mouse atau menekan tombol CTRL+C untuk menyalinnya.

5. Tempelkan (paste) bagian yang sudah dicopy di tempat yang diinginkan.

Tehnik memblok kalimat atau paragraf sebagian atau seluruhnya bisa dilakukan juga saat ini mengetik artikel di word.

Jika sebagian artikel, paragraf, kalimat, atau kata maka kita bisa melakukan apa saja. Termasuk di dalamnya misalnya memasang link, meratakan kiri-kanan, menebalkan, memiringkan, dan menggarisbawahi.

Bagaimana cara sahabat ngeblok artikel? Silakan dishare di sini agar bermanfaat bagi sahabat yang lainnya.

(Visited 35 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

5 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Sri Wahyuni berkata:

    Betul Pakde saya juga pernah melakukannya. Hasilnya tokcer…….Terimakasih sharing informasinya.

    Iya, kayak strong pass hahahaha

  2. Kalau pakai laptop sama sih Dhe. Kalau nggak ada mouse ya pakai tombol ke kanan, kiri, atas, bawah. Tapi karena sekarang ini aku ngeblog pake tablet masalah ngeblok ini jadi salah satu kendalaku juga. Loncat sana sini. Kudu sabar.

    Iya betul. Saya nggak pernah ngeblog pakai tablet atau HP

  3. Jiah berkata:

    Itu saya tahu, Dhe. Kdg saya jg ubah urutan tulisan

    Bagus

  4. Ilham berkata:

    betul pak dhe … saya juga melakukan hal yg sama jika ingin ngeblock artikel

    Kalau pakai drag kadang bisa ancur artikelnya

  5. […] Harap diingat bahwa sebelum menekan huruf Shift+Alt+J maka bagian artikel yang akan diratakan harus diblok terlebih dahulu. Jika mengalami kesulitan dalam ngeblok tulisan silakan menyimak artikel berjudul Jalan Pintas Ngeblok Artikel. […]

Leave a comment