Blogger Harus Faham Perbuatan Yang Dilarang Oleh Undang-undang

Undang-undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik telah diundangkan pada tanggal 21 April 2008. Materi undang-undang ini dianggap sudah diketahui seluruh warga negara Indonesia karena sudah ditempatkan pada Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2008 nomor 58. Oleh karena itu blogger selayaknya juga sudah membaca dan memahami undang-undang ini.

Dalam undang-undang ini diatur tentang perbuatan yang dilarang. Larangan dimaksud tercantum pada Bab VII Perbuatan Yang Dilarang mulai pasal 27 hingga pasal 37. Dalam artikel ini saya akan menyebutkan beberapa dari sekian banyak perbuatan yang dilarang. Jika ingin mengetahui seluruh perbuatan yang dilarang bisa dibaca pada undang-undang tersebut.

1. Pasal 27

Inti dari pasal 27 : Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan

– melanggar kesusilaan,

– perjudian,

– penghinaan dan/atau pencemaran nama baik,

– pemerasan dan/atau pengancaman.

2. Pasal 28

Perbuatan yang dilarang pada pasal 28 adalah Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang menyebabkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik. Pada ayat 2 disebutkan Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras,dan antargolongan (SARA)

3. Pasal 29

Selanjutnya, Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi di atur dalam pasal 29.

Ketentuan Pidana

Ketentuan pidana atas pelanggaran terhadap perbuatan yang dilarang tercantum pada Bab XI Ketentuan Pidana. Silakan dibaca dengan cermat agar mendapatkan pemahaman yang baik. Pelanggar yang telah memenuhi unsur pidananya akan dikenai pidana berupa penjara dan/atau denda sesuai dengan perbuatan yang dilanggarnya.

Beberapa pengertian yang perlu difahami dalam Undang-Undang nomor 11 Tahun 2008 ini antara lain :

1. Informasi Elektronik

Satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas adalah satu atau sekumpulan data elektronik, tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (electronic mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.

2. Dokumen Elektronik

Setiap Informasi Elektronik yang dibuat, diteruskan, dikirimkan, diterima, atau disimpan dalam bentuk analog, digital, elektromagnetik, optikal, atau sejenisnya, yang dapat dilihat, ditampilkan, dan/atau didengar melalui Komputer atau Sistem Elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol atau perforasi yang memiliki makna atau arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.

3. Transaksi Elektronik

Perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya.

4. Orang

Orang perseorangan, baik warga negara Indonesia, warga negara asing, maupun badan hukum. Nah, blogger termasuk orang, bukan.

Karena pekerjaan blogger adalah menulis dan menerbitkan artikel serta mempromosikannya di berbagai media sosial dan situs lain maka kecermatan dan kehati-hatian harus dijaga. Jangan sampai artikel berupa tulisan, gambar, video, dan materi lainnya melanggar undang-undang yang berlaku.

Blogger selayaknya juga memahami undang-undang dan peraturan yang lainnya termasuk di dalamnya Hukum Pidana dan Undang-Undang Hak Cipta (UU No 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta) Lebih dari itu, blogger sepatutnyalah memperhatikan juga etika dan norma yang berlaku sehingga layak diberi label Civilized Blogger atau blogger yang beradab.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan: Undang-Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

(Visited 47 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

11 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. herva yulyanti berkata:

    makasi pak de baru tau tentang aturannya bloger dalam undang-undang

    Memang perlu difahami agar kita tak tersandung masalah

  2. duh, mesti hati-hati juga, baru tahu saya

    Iya Mbak
    Kalau nggak hati2 berbahaya

  3. Tulisan penting ini, karena menyangkut soal aturan, perlu diketahui oleh blogger, untuk menambah wawasan

    Dan untuk dipedomani

  4. Pakdhe, sekarang makin banyak peraturan yang harus dipahami blogger ya biar nggak ‘salah’. Harus waspada nih. Terima kasih sudah berbagi pakdhe 🙂

    Betul, jangan sampai kita berurusan meja hijau

  5. Ria berkata:

    aku termasuk yg belum tau ttg informasi ini. Thanks ya pak for sharing. Tentunya kita berharap lewat tulisan bisa berbagi informasi yg berguna & gak utk ikut2an nyebarin hoax atau kebencian yg berbau SARA

    Bisa kurang baik akibatnya

  6. iya, blogger pun harus paham UU ya, Pakde 🙂

    Betul. Jangan sampai kita terlibat dalam suatu masalah

  7. nitalanaf berkata:

    Wah iya ini. Kalau nggak paham, maen ambil aja foto atau video orang lain trus dilaporin sama yang punya, alamakkk… berurusan dengan hukum deh. Makasih banyak udah diingatkan, Pakde.

    Saya selalu embed jika ambil video.
    Sumber artikel atau gambar memang sebaiknya dicantumkan atau diberi link sebagai penghormatan kepada siempunya sekaligus minta ijin.

  8. Ria Bilqis berkata:

    Nggih pakde, kalau sampai terjerat hukum repot. Semoga saya bisa selalu berhati hati saat menulis.

    Iya, jangan sampai tersandung masalah gara2 artikel kita

  9. Jiah berkata:

    Makasih ya, Dhe buat infonya. Kemarin krg perhatian sama undang2

    Pokoke jangan nabrak rambu2 deh

  10. Ilham berkata:

    ternyata ngeblog ada undang2 juga ya pakdhe

    Undang-undang itu berlaku umum, bukan hanya untuk blogger atau ngeblog.

  11. […] belah bangsa, Pakde. Mungkin saja ada blogger newbie yang belum memahami hukum. Bagaimanapun juga blogger harus faham perbuatan yang dilarang undang-undang terutama Undang-Undang Republik Indonesia nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi […]

Leave a comment