10 Tips Ngeblog Yang Perlu Disimak Blogger Pemula

Seperti yang sering saya tulis, blog itu seperti universitas terbuka dengan banyak fakultas. Jika tidak percaya silakan blogwalking seharian saja. Sahabat bisa menikmati ayam goreng yang pedasnya sampai level 23. Di mana? Ya di dblog yang membahas kuliner. Ingin ngintip ada apa di Madame Tussauds London? Cari blog berniche traveling saja ya.Kali ini saya tak akan membahas tulisan tentang outdoor recreation, face and fashion, atau review produk dan jasa. Saya ajak para sahabat untuk membaca 10 artikel tentang blogging. Aneka tips tentang ngeblog ada di dalamnya. Tips ini aplikatif, yang dapat dilakukan oleh blogger kelas apapun.

1.Eko Nurhuda

Ingin serius ngeblog dan mendapat banyak hal positif serta menguntungkan dari blog? Kalau begitu, satu syarat penting yang harus dipunyai adalah: nama domain sendiri. Tingkatkan level blogmu dengan memakai top level domain. Kalau kamu sedang menimbang-nimbang, berikut beberapa kiat memilih nama domain untuk blog personal.

2. Haya Aliya Zaki

Biasanya, kesulitan yang sering mendatangi penulis ‘pemula’ adalah mendapatkan ide dan cara menuangkannya ke dalam tulisan. Ada yang bengong sepanjang hari, ada yang bertapa di tempat sepi, sampai kucel karena tak mandi berhari-hari demi menanti sepotong ide jatuh dari langit.

Jangan bingung. Banyak jalan menuju Roma, kan? Banyak cara untuk mencari dan menggali ide.

3. Herman Yudiono

Selain dibuat menarik, judul juga seyogianya ditulis secara baik. Mengapa? Karena judul mencermikan keterampilan berbahasa dan berpromosi Anda. Oleh karena itu, jangan lakukan 10 kesalahan sepele ini saat Anda menulis judul.

4. Shintaries

Memang betul tidak ada yang instan tapi ada jalur cepatnya. Kalau Mba Haya cerita bagaimana dia jungkir balik berada di posisi sekarang dalam jangka waktu yang tidak sebentar (lebih dari 5 tahun) dan Teh Ani yang konsisten blogging hampir 10 tahun lamanya sehingga bisa menjadi seperti sekarang, saya mungkin bisa jadi cerita tersendiri bagaimana saya bisa sejajar dengan posisi mereka dalam waktu 3 tahun.

Nah mumpung akhir tahun, barangkali ada yang punya objectives ingin memiliki blog yang berkembang dan pengen makin eksis mudah dikenal, step dari saya mungkin bisa membantu.

5. Febriyan Lukito

“If you want to be known, focus on your content, because content is the king.”

Istilah “Content is the king” sendiri sebenarnya sudah lama beredar, tahukah siapa yang mengatakan hal ini? Saya baru tahu loh kalau yang mengatakannya adalah Bill Gates di tahun 1996.

Cara menulis artikel ngetop

Image~courtesy: slideshare.net

6. Innayah

Kamu punya akun google plus? kapan terakhir dibuka? kapan terakhir diupdate? sudah pasang widget google plus di blog? Banyak diantara kita para pengguna sosial media dan blogger yang mengabaikan google plus. Padahal, dalam Search engine optimation (SEO), google plus ini sangat diperhitungkan lho. Why? Sudah jelaslah..search engine paling gede dan umum kan google. Jadi, google plus itu bukan hanya socmed tempat nyetatus, tapi lebih dari itu. Mau tulisanmu lebih terindeks google kan?

7. Marsudiyanto

Kita pasti sering melihat banner iklan berformat flash atau swf. Kali ini saya akan mengajak sahabat untuk belajar bikin sendiri. Apapun kalau dibuat sendiri, sensasinya pasti luar biasa. Tak hanya itu, acara ini sekaligus sebagai ajang lomba yang pastinya berhadiah.

Tak perlu risau tak usah galau, saya sudah menyiapkan panduannya. Satu lagi yang perlu diketahui, bahwa flash banner ini bisa dipasang pada blog berbasis wordpress.com maupun blogspot.

8. Ida Tahmidah

Sebetulnya ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari ngeblog, tidak harus mengikuti event-event blogger dan membuat kita harus keluar rumah. Memang syaratnya sih kita harus rajin update blog dan lebih bagus lagi belajar SEO hingga trafik blog kita menjadi tinggi. Kalau blog kita sudah bagus uang akan lebih mudah didapatkan.
Saya tidak ingat kapan terakhir kalinya blogwalking dengan motivasi statistik. Mungkin tahun lalu, ketika saya sedang gencar-gencarnya diet Alexa. Setelah itu tidak pernah lagi blogwalking atau berkomentar di blog orang hanya karena ingin dikunjungi balik. Tidak lagi blogwalking atas nama DA, PA, SEO, trafik, Alexa, backlink, atau data statistik lainnya. Sekarang, blogwalking ya blogwalking aja, karena saya ingin berkunjung untuk membaca postingannya. Sekarang, komentar ya komentar aja, karena postingannya patut untuk ditanggapi atau karena saya ingin “say hello”

10. Abdul Cholik

Zaman dulu, salah satu tanda kualitas atau keren dan tidaknya sebuah blog adalah PR (pagerank) Blog dengan pagerank 4 dianggap lebih sip daripada blog yang PRnya hanya 1. Itulah sebabnya para pihak yang ingin mengadakan kerjasama dengan blogger senantiasa melihat pagerank dan Alexa traffic ranknya. Sebuah situs bahkan menentukan jumlah fee yang akan diterima oleh blogger berdasarkan pagerank blognya.

Itulah 10 tip ngeblog yang saya ambil dari artikel yang ditulis oleh teman-teman blogger. Untuk membaca artikel selengkapnya silakan klik nama masing-masing.

Satu hal yang perlu diingat oleh blogger. Ngeblog hanya bukan sekedar menulis dan menerbitkan artikel. Cukup banyak kegiatan tambahan agar blog beserta artikelnya dapat dinikmati oleh pengunjung. Mempromosikan blog termasuk di dalamnya.

(Visited 161 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

19 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Eko Nurhuda berkata:

    Waaaah, punyaku ditaruh nomor satu ki lho. Jadi nggak enak sama senior-senior yang ada di noMor berikutnya. Hihihi. Btw, makasih banyak ya, De. Siap-siap nerima kunjungan limpahan dari sini nih.

    Sesuai urutan ngeblog

  2. Ida Tahmidah berkata:

    Whuaaa tersandung daku, makasih banyak Pakde 🙂

    Saya yang terima kasih

  3. Frida Herlina berkata:

    Noted.
    TFS, Pakde.

    Sama2

  4. Irly berkata:

    Wah.. PR nih.. Baru baca beberapa, Terima kasih sudah berbagi rangkuman dari teman-teman kece Dhe. ^^

    Iya, tak kumpulkan biar gampang dibaca

  5. Mugniar berkata:

    Noted. TFS Pakdhe

    Thanks kunjungannya

  6. Bai Ruindra berkata:

    Wah jadi tambah semangat ngeblog ini PakDe 🙂

    Ya harus donk
    Jangan kalah sama lansia hahahaha

  7. intanrawits berkata:

    Wah keren nih semua ilmu ada disini, langsung cuz berguru pda para suhu. Tfs dhe

    Iya,tulisan mereka bagus-bagus

  8. Rudi Chandra berkata:

    Makasih ilmunya ya mas.
    Sangat bermanfaat nih

    Sama2 Mas Rudi

  9. Retno berkata:

    Terimakasih Pakde, beberapa ada yang sudah kenal tapi ad juga yang belum..

    Silakan berkenalan mumpung gratis

  10. wah makasih mas, infonya , sangat cocok buat saya yang sedang belajar ngeblog

    Sip, semoga bermanfaat

  11. Waaah, ini membaca satu postingan di sini saja sudah mendapatkan ilmu penting dari 10 blogger keren. Makasih banyak yaaa 🙂

    Iya, sama2

  12. Perlu nih…rahasia para mastah hehe, sebagian baru tau nama2nya… Makasi sharingnya pakde

    Hayo kenalan biar lebih sip nyerap ilmunya

  13. waa makasih Pakdge atas rangkumannya… #langsung ke TKP satu per satu

    Iya biar tahu tips mereka

  14. Eva Sri Rahayu berkata:

    Waah, langsung dapet 10 ilmu dari 10 orang sekaligus ^^
    Biar ngumpul

  15. Ahmad berkata:

    aku mau langsung ke TKP ni …. untuk dapatkan ilmunya

    Silakan Mas

  16. Khoirur Rohmah berkata:

    Wehh… dapet suntikan motivasi nulis di sini,,,
    Terima kasih nggeh Pak De…

    Kalau sudah disuntik harusnya langsung bangun ya

  17. Mustafa Zain berkata:

    Terimakasih sudah merangkumnya jadi satu Pak De.
    Sangat bermanfaat sekali bagi blogger pemula seperti saya ini.
    Semoga saya bisa ikutan jadi blogger sukses seperti pak De dkk. 🙂

    Iya sama2 Mas

  18. […] Judul artikel saya buat semenarik mungkin. Judul artikel how to biasanya saya awali dengan kata: Jurus…, Cara…, Tips…., Rahasia…, atau Langkah… Sering juga saya tambahi dengan angka misalnya: 10 Tips Ngeblog Yang Perlu Disimak Blogger Pemula. […]

  19. Wow,,,,aku suka banget postingan ini…. Ide-ide brilliant para blogger yang dirangkum jadi satu…. Makasih ya Pakdhe 🙂

    Salam

    Iya, biar multi tips

Leave a comment