5 Faktor Yang Mempengaruhi Score Domain Authority

Zaman dulu, salah satu tanda kualitas atau keren dan tidaknya sebuah blog adalah PR (pagerank) Blog dengan pagerank 4 dianggap lebih sip daripada blog yang PRnya hanya 1. Itulah sebabnya para pihak yang ingin mengadakan kerjasama dengan blogger senantiasa melihat pagerank dan Alexa traffic ranknya. Sebuah situs bahkan menentukan jumlah fee yang akan diterima oleh blogger berdasarkan pagerank blognya.

Kecenderungan tersebut kini sedang menuju perubahan. Pagerank tampaknya ย tergeser oleh DA (Domain Authority) Nilaiย logarithmic mulai angka 0 sampai 100 yang dibuat oleh MOZ ini memprediksi peringkat sebuah blog di mesin pencari. Semakin tinggi angkanya maka semakin baik kemungkinan peringkatnya.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan 5 faktor di antara beberapa faktor yang mempengaruhi nilai domain authority sebuah blog.

1. Usia domain

Usia sebuah blog ikut mempengaruhi nilai domain authority. Sebagai contoh, Blog Apik yang baru berusia sebulan ini nilai domain authoritynya 1. Sementara Neo BlogCamp yang telah berumur setahun lebih nilai DAnya 34. Silakan simak gambar di bawah ini.

Cara Mengecek Domain Authority

Nilai domain authority tersebut saya cek dengan menggunakanย Open Site Explorer

2. Konten berkualitas

Tak dapat dipungkiri bahwa konten adalah raja. Hal ini sesuai adagium yang berbunyi Content is King yang sudah sama-sama kita ketahui. Artikel menarik dan bermanfaat yang membantu orang lain memecahkan suatu masalah tentu lebih banyak dicari daripada artikel galau atau lebai melambai-lambai.

Harap diketahui bahwa pengunjung blog pada umumnya mencari artikel bertema ‘how to’ dan atau konten yang padat informasi. Coba saja tulis artikel berjudul Cara Meningkatkan Domain Authority Blog pasti akan banyak blogger yang mengunjungi blog dan membaca artikelnya. Artikel seperti ini sangat berharga bagi pengunjung. Lebih maknyus lagi jika blogger secara berkala menulis artikel pilar yang membahas suatu topik secara mendalam dan rinci.

Untuk menerbitkan artikel yang berkualitas blogger hendaknya menghindari duplicated content misalnya dengan menjiplak artikel orang lain. Perbuatan seperti ini selain menunjukkan rendahnya moral juga bisa merugikan kedua belah pihak.

3. Jumlah link dari blog lain

Dari gambar di atas jumlah link di blog Neo BlogCamp cukup banyak dibandingkan dengan link yang ada di Blog Apik. Hal ini dapat dimaklumi karena jumlah artikel Blog Apik kurang dari 10 sementara Neo BlogCamp artikelnya sudah mencapai 200 lebih.

Link dari blog yang berkualitas tentu lebih baik. Oleh karena itu blogger sangat dianjurkan untuk berburu link dari situs atau blog lain. Artikel yang menarik dan bermanfaat kemungkinan besar akan dijadikan referensi oleh pemilik blog atau situs lainnya. Mereka akan menempatkan artikel blog kita sebagai rujukan. Ini berarti blog kita akan mendapatkan backlink.

Sebaliknya jika dalam artikel kita merujuk ke blog atau situs lain ada kemungkinan pemilik blog tersebut akan merasa senang. Dia tak segan-segan share artikel kita juga. Bahkan ada kemungkinan sebagian dari artikel kita akan dijadikan kutipan dalam artikel blog atau situs lain.

Konon, pada masa lalu ada blogger yang berusaha mendapatkan sebanyak mungkin backlink dengan cara yang kurang sehat. Mereka berani membayar sekian rupiah atau dolar kepada penyedia backlink berbayar. Cara ini mudah dideteksi oleh Google. Alih-alih mendapat backlink, yang terjadi bahkan sebaliknya. Blog di suspend oleh Google atau minimal diberi peringatan.

Oha ya, selain link keluar jangan dilupakan untuk membuat internal link. Ketika menulis artikel baru usahakan diberi link yang mengarah ke artikel lama yang relevan. Pada artikel ini saya berikan contoh internal link ke dalam blog ini. Dengan cara ini maka robot mesin pencari dapat menggerayangi artikel yang lainnya.

4. Trafik

Semakin banyak trafik akan semakin bagus DA blog. Untuk meningkatkan trafik blog dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah share artikel di media sosial, termasuk di Google+1. Saya bukan membual loch. Setiap mempublikasikan artikel saya langsung membagi artikel tersebut di Facebook, Twitter, Google+1, dan Linkedin.ย Untuk menarik perhatian mereka biasanya saya dahului dengan kalimat pengantar.

Judul yang menarik disertai gambar yang ciamik juga bisa menarik minat orang lain untuk mengunjungi blog.

Blogger bisa memanfaatkan grup-grup yang ada di media sosial agar semakin banyak mata yang melihat dan mengunjungi blog kita.

Sahabat bisa membaca artikel saya berjudul Dimana Saja Blog Anda Sebaiknya Berada.

5. Loading time blog

Banyak pengguna internet yang termasuk orang-orang yang kurang sabar. Apalagi mereka yang super sibuk bekerja atau belajar. Pengunjung mungkin hanya mampu menunggu 5-7 detik sebelum blog kita terbuka. Lebih dari itu pengunjung akan menghentikan kegiatannya untuk mengakses blog dan pindah ke blog lain.

Silakan mengukur kecepatan loading time blog dengan menggunakan alat ukur yang tersedia. Salah satu di antaranya menggunakan GT Metrix yang menghadirkan data cukup lengkap tentang blog kita.

Cara mengecek page loading time

Loading time Neo BlogCamp dan Blog Apik

.

Gambar di atas menunjukkan bahwa loading time Neo BlogCamp tercatat 4.45 second sementara Blog Apik hanya 2.9 second. Ini terjadi karena Blog Apik baru berisi beberapa artikel sementara Neo BlogCamp artikelnya lebih dari 200 buah sebagaimana saya utarakan di muka.

Loading time dapat dikurangi dengan memperkecil ukuran gambar dan menampilkan maksimal 5 postingan di homepage. Postingan yang tampil di homepage sebaiknya bukan artikel utuh tetapi dalam bentuk potongan-potongan artikel saja. Selain itu kurangi memasang widget atau gadget yang tidak penting.Baner lomba yang terpasang di sidebar dan sudah basi sebaiknya dibuang.

Theme atau template blog yang terlalu ramai juga bisa memperlambat loading blog. Blogger sebaliknya memilih template yang sederhana namun menarik.

Sekedar intermezo, blog saya ada yang nilai domain authoritynya 97. Whuik, hebat banget. Jangan kaget dulu. DA bernilai tinggi itu diberikan kepada blog yang merupakan subdomain dari platform tertentu. Jika blog sahabat mengandeng platform wordpress.com atau blogspot.com maka DAnya akan sama semua.

.

Cara mengecek domain authority

.

Menaikkan nilai domain authority memang tak bisa dilakukan dalam sekejap. Tetapi kegiatan ini memang merupakan tugas seorang blogger. Terlebih lagi jika blogger sedang montize blognya. “Pemilik blog yang DAnya 25 ke atas silakan komentar di status ini ya.” Begitu antara lain bunyi aba-aba dari seorang sahabat yang ingin berbagi rezeki kepada blogger lain. Semakin tinggi nilai domain authority maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan sponsored post atau job review.

Tingkatkan terus kualitas blog sahabat agar nilai domain authority semakin tinggi.

(Visited 156 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

55 Comments

Skip to Comment Form ↓
  1. Ira Duniabiza berkata:

    Joss artikelnya pak de. Pemaparannya apik dan detail banget. Semoga bisa mengikuti jejak Pak Dhe dalam ngeblog…

    Amiin, Insya Allah bisa hehehe
    Matur nuwun

  2. Mas Ahmad berkata:

    Benar Pakdhe, sebagai nubie saya masih mati-matian nih mengejar ranking DA. Rata-rata harus minimal 20 skornya kalau mau dapat job, hehehe

    Iya. Pagerank sudah ditinggalkan kayaknya

  3. Yulia berkata:

    wiih.. makasih banyak pakde.. artikelnya sangat membantu.. sy jadi tau cek pake metrix itu.. langsung eksekusi aah..

    Iya, lumayan agak lengkap data yang kita peroleh

  4. Dedew berkata:

    Akk makasih sharenya pakde, bermanfaat banget, DA ku dari 26 turun jadi 24, pilu hihi tapi memang lagi jarang posting dan blogwalking sih hiks..

    Postingan memang harus diperbanyak
    Minimal 3 artikel per minggu tapi jangan melalaikan tugas uyama di daratan ya

  5. cputriarty berkata:

    Selalu yang membekas di angan, yakni nasehat bernas pakde yg selalu mengingatkan untuk menulis konten berkualitas dan buang widget yang tidak diperlukan.
    Slm sukses selalu ๐Ÿ˜ƒ

    Widget yang ada bendera negara2 itu kan nggak ada manfaatnya kecuali untuk kepuasan batin blogger pemiliknya hahaha

  6. Ruli retno berkata:

    Kirain cm yg domain 25 ke atas yg boleh komen disini. Hahaha.. belom selesai bacanya

    Ah…isyo ae

  7. retno berkata:

    Terimakasih sharingnya Pakde, mau ngecek di GT metrik dulu

    Sama2 Jeng

  8. desi berkata:

    Kalo Pakde yang ceritain di blog, nggak mnjelimet.. blog post yg aq cari nih Pakde, Tq so much ๐Ÿ™‚

    Kalau njlimet kasihan yang baca hahaha

  9. Dian Ravi berkata:

    Wah makasih banget ilmunya, Pakde. Mulai mengaca kenapa sebulan ini DA ga gerak-gerak. Kurang posting, kalau pun posting lupa ngeshare link. Ah, ternyata penting juga ya berbagi link itu.

    Promosi blog merupakan Queen

  10. Rani R Tyas berkata:

    Noted untuk membangun internal link, karena cara ini masih ragu untuk dilakukan karena ada yang bilang begini ada yang bilang begitu, padahal keinginannku cuma pengen merampingkan bounce rate ku tok lho Pakdhe.

    Hayuk pakdhe kapan-kapan ajarin cara memperkecil bounce rate ya ๐Ÿ˜€

    Sip, hakekatnya sih sama saja, unsur content,dll

  11. sangat berguna pakde, semakin lama semakin ingin membenahi score blog

    Iyo, ben laris-manis

  12. Rotun DF berkata:

    “Orang lebih mencari artikel yang menarik dan bermanfaat yang menjadi solusi dalam masalah mereka, bukan artikel galau dan lebai melambai-lambai”.

    Hahhahaa, like this Pakdhe. Saya kayaknya isinya masih sangat2 personal. MUdah2an ke depannya bisa mengimbangi dengan konten yang bermanfaat bagi orang lain.

    Maturnuwun pencerahannya, Pakdhe. Pas banget lagi bertanya-tanya, kok ada blog yang usianya sama kayak blog saya tapi DAnya udah meeljit sedangkan punya saya masih segitu-gitu aja, heu. Dan jawabannya sepertinya ada di konten :D.

    Konten memang primadona blog

  13. zaki berkata:

    nah ini usia domain saya belum genap setahun. jadi DA nya masih kecil.
    wah konten berkualitas itu memang sulit di buat, palagi ditambah dengan kriteria penulisa SEO yang baik.
    terima kasih artikelnya.
    salam hangat

    Nulis biasa saja asal bermanfaat

  14. f.nugroho berkata:

    blog saya yg dulu, waktu pakai wp do com, DAnya ikut wp. PAnya sudah lumayan sih.
    tapi sejak 3 bulan lalu pindah dan pakai domain my.id, semua kembali dari nol. ๐Ÿ™‚

    Iya, lama2 naik jika diupayakan

  15. munasyaroh berkata:

    Sudah beberapa bulan ini, DA blog saya selalu nangkring di angka 11, artikel ini sedikit membuka pengetahuan saya.
    Makasih pak Dhe informasi nya

    Yuk genjot lagi biar segera naik

  16. Inna Riana berkata:

    terima kasih penjelasannya, pakde.
    saya baru cek gt metrix ๐Ÿ™‚

    Sama2
    Bagus kan DAnya?

  17. Ranny berkata:

    Wainiii baguus artikelnya Pakde! Aq setuju sama poin2 di atas. Tetap content is a king. Terus menulis dan jangan lupa silaturahmi ๐Ÿ˜Š
    Pemilihan template jg berpengaruh ya Pakde sama lamanya org di blog, kadang ada tulisan kekecilan, utk aq yg udh pakai kacamata mengganggu banget hiks

    Tulisan kekecilan tur padat bikin lelah mata

  18. indri berkata:

    menanti dengan sabar DA merangkak naik ke 30 hahaha. saya sangat setuju dengan konten artikel pakde, semakin banyak artikel semakin bagus

    Makin banyak pilihan robot untuk crawl artikel

  19. irwin andriyanto berkata:

    duh DA saya baru 19 sepertinya masih lama tuk mencapai 25 apa lagi melewati pakde

    hahahaha…balapan yuuuk

  20. Yesi Intasari berkata:

    penjelasannya detail dan mudah dimengerti, terimakasih banyak nih Pakde atas ilmunya ๐Ÿ™‚

    Iya, biar lebih dari 700 kata hahaha

  21. Rika Wa berkata:

    Terimakasih informasinya Pak jadi tahu ttg DA.
    Selama ini knp DA sy tidak naik..mulai mengaktifkN blog yg terbengkalai.
    Salam kenal dri Solo

    Jangan sampai blog banyak lumut dan sarang laba2nya

  22. Naqiyyah Syam berkata:

    Terima kasih Pakde atas sharingnya, bermanfaat sekali

    Nggih sama2

  23. damarojat berkata:

    saya baru mulai, Pakde. umur domain baru sebulan. DA baru 1, anak baru 2. eh.

    Ya, faktor U domain ya hahahaha

  24. Izzah Annisa berkata:

    Blog saya DAnya nyungsep, Pakde. Pas dicek ternyata broken linknya buanyaaaak banget. Plus spam score yang tadinya 0 jadi 4. Sedih saya, Pakde T_T

    Wah yang broken link memang harus dioeprasi tuh

  25. Helena berkata:

    Susah banget naikin DA. Semoga kalo udah setahun bisa tembus 25 supaya bisa ikutan job review yang itu

    Iya, pelan tapi pasti asal rajin ngopeni

  26. Hihi..saya dulu kepedean waktu DA saya 97. Ternyata gak payu :p

    Iya, pasti ikut platformnya ya

  27. Nathalia DP berkata:

    wah, makasih infonya… mau coba tes loading time blog saya ah…

    Silakan semoga enteng

  28. sulis berkata:

    Pakdhe, saya baru pindahan ke domain my.id. trus nyoba score DA pke moz…kok 62 ya? Tapi PA 1. Itu knp pakdhe..?

    Apa ikut my.id nya itu ya?

  29. Ratna Dewi berkata:

    Josss artikelnya, Pakdhe. Next artikel saya kasih usul bahas spam score donk, Pakdhe. Masih bingung nih soal spam score.

    Saya sudah membaca tapi kok belum faham juga ya hahaha

  30. Irawati Hamid berkata:

    terimakasih sudah menuliskan artikel yang sangat bermanfaat ini Pakde, sepertinya saya harus lebih rajin belajar guna meningkatkan DA blog saya ๐Ÿ™‚

    Blog memang harus diopeni agar kualitas semakin baik

  31. Jiah berkata:

    Loading time yg blm saya cek, Dhe

    Coba di cek

  32. Irly berkata:

    Joss PakDhe, saya mau ngecek GT Matrix dan coba cek DA pakai Open Site Explorer juga..

    Internal link baiknya yang relevan ya? Sipp.. dicatet! ^^

    Iya agar mengait
    Jangan artikel tip ngeblog dikasih link ke resep Soto Ayam

  33. Dewi Nielsen berkata:

    Mantap artikel ne pak de ๐Ÿ™‚ Jadi makin ngerti…

    Syokurlah nambah pengetahuan

  34. Archa Bella berkata:

    Ini dia yg saya butuhkan.
    Terimakasih pakde..
    Terus mjd inspirator ya…
    Salam ๐Ÿ˜‰

    Insya Allah

  35. Esti Sulistyawan berkata:

    Blog baru lagi Dhe? Wah keren…

    Tipsnya keren Dhe, jos senantiasa

    Iya, untuk variasi

  36. lia djabir berkata:

    kereeen ulasannya. ini blog baru tp yg berkunjung sdh rame bgt

    Alhamdulillah

  37. inda chakim berkata:

    praktekin ah,
    matur nuwun pak de, ๐Ÿ™‚

    Sama2

  38. Aprie berkata:

    Tadi teman tanya soal DA/PA ini, langsung ku kasih link blig Pakdhe. Hehehe.

    Nggih, matur nuwun

  39. kalo link dari komentar kurang maknyos pak dhe
    yang ada malah nggedein spam score ๐Ÿ˜€
    saya pernah nyobain soalnya

    Saya malah nggak memperhatikan spam score je

  40. Dian fernanda berkata:

    Makasih tips nya pak de, sangat bermanfaat, tinggal di praktekin ๐Ÿ˜Š

  41. yuni berkata:

    Content is King……(ngelamun d pojokon).
    Pengen segera berbenah dhe…

  42. […] Harus diakui bahwa usia blog berpengaruh terhadap score domain authority. Namun tentu masih ada beberapa faktor Yang Mempengaruhi Score Domain Authority. […]

  43. @zakia_id berkata:

    Makasih sharingnya pakde, memang artikel2 seperti ini yg akan banyak kunjungannya, bikin tambah pinter soalnya ๐Ÿ™‚

    Sama2, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan

  44. Dian Kelana berkata:

    Wah, benar-benar pencerahan pakdhe. Terimakasih atas berbagi ilmunya.

    Salam dari Jakarta

    Sama2 Mas
    Semoga bermanfaat

  45. Blogku yg satunya oalaaah reeekk… DAnya ngesot banget naiknya, thimik2 ๐Ÿ™

    Rapopo, terus usaha ya Dik

  46. Nice share Pakde.

    Saya ingin menambahkan untuk yang Mobile Friendly. Sekarang ini semua serba mobile view dan blog dengan tampilan mobile akan jauh lebih mudah diingat dan dikunjungi dan akhirnya berpulang ke traffic blog itu lagi. Saran saya, terutama untuk pengguna blogspot, aktifkan mobile viewnya apalagi kalau sudah pakai template non bawaan blogspot. Custom mobile view dari template diaktifkan aja.

    Kemudian soal backlink – backlink ke domain kalau mau menaikkan Domain Authority – jangan ke url post. Caranya untuk bisa seperti ini adalah dengan lakukan Guest Posting dan juga menulis konten berkualitas seperti yang Pakde bilang.

    Untuk WordPress saya pakai plugin mobile friendly
    Internal link tentu mengarah ke blogpost agar pengunjung membuka halaman lain

  47. Santi Dewi berkata:

    Makasih pakde infonya. skrg ini DA dan PA saya lagi turun. saya gak tau apa penyebabnya ๐Ÿ™

    DA saya dulu 45 sekarang 34

  48. Lidha Maul berkata:

    DA saya turun pakde
    Tapi nggak pa-pa, saya tetap bahagia ngeblognya ^_^

    Iya, tak perlu sedu-sedan itu

  49. Mas raka berkata:

    Nah ini..mantapp..makasih infonya pak de ๐Ÿ™‚

    Sama2, semoga bermanfaat

  50. denik berkata:

    Wah, artikelnya menarik sekali. Saya malah gak paham DA, PA atau apalah. Nulis-nulis saja untuk berbagi kebaikan melalui tulisan. Berbagi pengalaman melalui cerita yang ditulis. Perlu belajar banyak nih. Gaptek soalnya…hehe

    Saya juga masih terus belajar

  51. Mugniar berkata:

    Tips yang penting di zaman ini

    Hahaha eposide ini

  52. Oskar berkata:

    Nah ini dia artikel yang saya cari, terima kasih banyak sudah membuat artikel ini. Dengan artikel ini saya jadi tau apa saja yang harus saya lakukan untuk menaikan Domain Authority blog saya, thanks mas ๐Ÿ™‚

    Sip, DA sedang digandrungi pihak lain

  53. Laras berkata:

    Wah, terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Saya juga baru dalam hal per-blogging-an. Baru paham saya dengan DA dan PA.

    Lama2 kan ilmunya bertambah

Leave a comment